BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Microsoft Excel (MS-Excel) merupakan
program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik) canggih yang paling
populer dan paling banyak digunakan saat ini. Excel akan sangat membantu kita
dalam hal menghitung, memproyeksikan, menganalisa dan mampu mempresentasikan
data dalam bentuk tabel dengan berbagai jenis tabel yang disediakannya, mulai
dari bentuk Bar, Grafik, Pie, Line dan banyak lagi. Excel 2000 merupakan
pengembangan dari excel versi sebelumnya yang lebih ditingkatkan fungsinya dan
dikonsentrasikan agar spreadsheet ini lebih familiar (mudah dipakai), lebih
fleksibel, lebih mudah diintegrasikan dengan program office lainnya dan yang
tak kalah penting adalah kemampuan untuk langsung berhubungan dengan internet.
Walaupun demikian, Excel 2000 ini akan selalu dikembangkan oleh pihak Microsoft
sehingga akhirnya kita betul-betul dimanja oleh software Microsoft ini.
Rumusan Masalah
Apa definisi dan fungsi Microsoft Excel?
Bagaimana cara menggunakan Microsoft Excel dengan baik dan benar?
Bagaimana cara mengaplikasikan Microsoft Excel dalam bidang pendidikan?
Tujuan
Memahami cara memulai, menjalankan, dan mengakhiri perangkat lunak
Microsoft Office Excel.
Mengoperasikan fungsi menu-menu lembar sebar
Mengoperasikan menu-menu editing lembar sebar
Menggunakan rumus dan fungsi pada lembar sebar
Mengoperasikan perintah cetak pada lembar sebar
Mampu menggunakan / mengaplikasikan penggunaan Microsotf Office Excel dalam
kehidupan sehari-hari.
Manfaat
Menambah pengetahuan tentang Microsoft Excel 2007
Melatih siswa-siswi untuk membuat Makalah
Menambah topik guru yang diajarkan dengan adanya Makalah dari siswa-siswi
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Definisi
dan Sejarah Microsoft Excel
v Pengenalan Microsoft Excel
Microsoft Excel atau Microsoft Office
Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan
didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft
Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik
yang baik, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif,
menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer
digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini
merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik
di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS,
semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian
dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office
Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007 .
Microsoft Excel merupakan perangkat
lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar,
penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat
lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan
permasalahan administratif mulai yang paling
sedernaha sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana
tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah
barang dan perkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga
diselesaikan menggunakan Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses
perhitungan, tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel.
Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan
(general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data
dengan menampilkan grafik data pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi
matematis ataupun logika pada sebuah laporan. Penyelesaian permasalahan yang
komplek juga dapat memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh Excel
agar proses penggunaan lebih mudah.
v Sejarah Singkat Microsoft Excel
Pada tahun 1982, Microsoft
membuat sebuah program spreadsheet yang disebut denganMultiplan,
yang sangat populer dalam sistem-sistem CP/M, tapi tidak dalam sistem MS-DOSmengingat di sana sudah berdiri
saingannya, yakni Lotus 1-2-3. Hal ini membuat Microsoft memulai
pengembangan sebuah program spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel,
dengan tujuan, seperti yang dikatakan oleh Doug Klunder, "do everything
1-2-3 does and do it better/melakukan apa yang dilakukan oleh 1-2-3 dan lebih
baik lagi".
Versi pertama Excel dirilis untuk
Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul
(dinomori versi 2.0) pada November 1987. Lotus ternyata terlambat turun ke pasar program spreadsheet untuk
Windows, dan pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih berbasis MS-DOS. Pada
tahun 1988, Excel pun mulai menggeser 1-2-3 dalam pangsa pasar
programspreadsheet dan menjadikan Microsoft sebagai salah satu perusahaan
pengembang aplikasi perangkat lunak untuk komputer pribadi yang andal. Prestasi
ini mengukuhkan Microsoft sebagai kompetitor yang sangat kuat bagi 1-2-3 dan
bahkan mereka mengembangkannya lebih baik lagi. Microsoft, dengan menggunakan
keunggulannya, rata-rata merilis versi Excel baru setiap dua tahun sekali, dan
versi Excel untuk Windows terakhir adalah Microsoft Office Excel 2010 (Excel
14), sementara untuk Macintosh (Mac OS X), versi terakhirnya adalah Excel for
Mac.
Pada awal-awal peluncurannya, Excel
menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang industri
finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki nama
Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri tuntutan tersebut dengan kekalahan
dan Microsoft harus mengubah nama Excel menjadi "Microsoft
Excel" dalam semua rilis pers dan dokumen Microsoft. Meskipun demikian, dalam
prakteknya, hal ini diabaikan dan bahkan Microsoft membeli Excel dari
perusahaan yang sebelumnya menuntut mereka, sehingga penggunaan nama Excel saja
tidak akan membawa masalah lagi. Microsoft juga sering menggunakan huruf XL sebagai
singkatan untuk program tersebut, yang meskipun tidak umum lagi, ikon yang
digunakan oleh program tersebut masih terdiri atas dua huruf tersebut (meski
diberi beberapa gaya penulisan). Selain itu, ekstensi default
dari spreadsheet yang dibuat oleh Microsoft Excel hingga versi 11.0
(Excel 2003) adalah *.xls sedangkan mulai Microsoft Office Excel 2007 (versi
12.0) ekstensi default-nya adalah *.xlsx yang mendukung format HTML namun
dengan isi yang sama memiliki ukuran file yang lebih kecil jika dibandingkan
dengan versi-versi Excel sebelumnya.
Excel menawarkan banyak keunggulan
antarmuka jika dibandingkan dengan programspreadsheet yang mendahuluinya,
tapi esensinya masih sama dengan VisiCalc (perangkat lunak
spreadsheet yang terkenal pertama kali): Sel disusun dalam baris dan kolom,
serta mengandungdata atau formula dengan berisi referensi
absolut atau referensi relatif terhadap sel lainnya.
Excel merupakan
program spreadsheet pertama yang mengizinkan pengguna untuk
mendefinisikan bagaimana tampilan dari spreadsheet yang mereka
sunting: font, atribut karakter, dan tampilan setiap sel. Excel juga menawarkan
penghitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas, di mana hanya sel yang
berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui nilanya (di mana
program-program spreadsheet lainnya akan menghitung ulang keseluruhan
data atau menunggu perintah khusus dari pengguna). Selain itu, Excel juga
menawarkan fitur pengolahan grafik yang sangat baik.
WK1 (1-2-3)
- WK4 (1-2-3)
- WJ3 (1-2-3 Japanese) (.wj3)
- WKS (1-2-3)
- WK3 (1-2-3)
- WK1 FMT(1-2-3)
- WJ2 (1-2-3 Japanese) (.wj2)
- WJ3, FJ3 (1-2-3 Japanese) (.wj3)
- DBF 2 (dBASE II)
- WQ1 (Quattro Pro/DOS)
- WK3,FM3(1-2-3)
- Microsoft Excel Chart (.xlc)
- WK1, ALL(1-2-3)
- WJ1 (1-2-3 Japanese) (.wj1)
- WKS (Works Japanese) (.wks)
Sedangkan beberapa format yang dapat
dibuka, tapi tidak dapat disimpan di Excel 2007 antara lain:
- Microsoft Excel 2.1 Worksheet
- Microsoft Excel 2.1 Macro
- Microsoft Excel 3.0 Worksheet
- Microsoft Excel 3.0 Macro
- Microsoft Excel 4.0 Worksheet
- Microsoft Excel 4.0 Macro
- Microsoft Excel 97 - Excel 2003 & 5.0/95 Workbook
- Microsoft Excel 4.0 Workbook
- DBF 3 (dBASE III)
- DBF 4 (dBASE IV)
Berikut ini adalah beberapa ekstensi Microsoft Excel:
·
*.xls, merupakan format default Microsoft
Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
·
*.xlt, merupakan format untuk template worksheet Microsoft
Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
·
*.XML, atau yang disebut sebagai XML
Spreadsheet. Tidak mampu menampung macroVBA.
·
*.xla, merupakan format untuk Excel Add-in sebelum
Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA, mengingat
tujuannya adalah untuk menambahkan kemampuan Microsoft Excel.
·
*.xlsx, merupakan format default worksheet
Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML. Tidak dapat menyimpan macro VBA,
karena alasan keamanan. Sebenarnya merupakan sebuah arsip terkompres berformat ZIP dengan struktur dokumen yang terdiri atas dokumen teks XML. Adalah
pengganti dari format .xls yang kuno.
·
*.xlsm, merupakan format worksheet Microsoft
Excel 12, yang telah berbasis XML, tapi dapat menyimpan macro VBA.
·
*.xlsb, merupakan format worksheet Microsoft
Excel 12, yang telah berbasis XML, tapi dikodekan dalam bentuk biner. Format ini memiliki keunggulan lebih kepat dibuka dan lebih efisien,
mengingat tujuan dibuatnya format ini adalah untuk menanganiworksheet yang
sangat besar yang terdiri atas puluhan ribu baris atau ratusan kolom.
·
*.xltm, merupakan format untuk template worksheet Microsoft
Excel 12, yang telah berbasis XML tapi mampu menyimpan macro VBA.
Merupakan pengganti dari format*.xlt.
·
*.xlam, merupakan format untuk Excel Add-in untuk
menambah kemampuan Excel 12. Secara default mampu
menangani macro VBA, mengingat tujuannya adalah menambahkan
kemampuan Excel.
2.2. Fungsi
Microsoft Excel
1. Kalkulasi, dengan program ini kita
bisa melakukan kalkulasi atau penghitungan dengan mudah, baik penghitungan yang
sederhana maupun dengan rumus – rumus yang sangat kompleks.
2. Grafik, dengan program ini kita
bisa mempresentasikan data kita dalam bentuk grafik yang komunikatif.
3. Komunikasi, dengan program ini
kita juga bisa berkomunikasi dengan pengguna (user) lain.Program ini sudah
dirancang untuk bisa saling bertukar informasi dalam bentuk jaringan dimana
orang lain bisa membuka lembar kerja kita dari terminal (komputer) yang
berlainan,bahkan ia juga bisa melakukan perubahan pada lembar kerja yang sama
pada saat yang bersamaan pula.
4. Internet,suatu saat mungkin kita
akan mengirim data dalam bentuk tabel atau grafik pada orang lain di tempat di
seluruh dunia,Microsoft Excel bisa melakukanya dengan baik sekali.
5. Otomatis, dengan Excel kita bisa
menggunakan otomatisasi penghitungan data yang kita ketikkan.Dengan perumusan
yang benar,maka Excel akan langsung melakukan perubahan secara otomatis
terhadap data kita setiap kali mengalami perubahan.
6. Aplikasi, Microsoft Excel dapat
membantu kita merancang aplikasi siap pakai,yaitu dengan fasilitas macro.
2.3. Kelebihan
dan Kekurangan Microsoft Excel
Excel 2007 hadir dengan tambahan
berbagai fasilitas sehingga lebih sempurna dibandingkan dengan versi
sebelumnya. Fitur baru tersebut antara lain adalah desain jendela (interface)
Excel, jumlah baris dan kolom lebih banyak, format file baru, penulisan formula
lebih mudah. Office Themes dan Excel Styles, pengurutan dan penyaringan data
didesain lebih canggih, tampilan grafik yang lebih variatif, PivotTable lebih
mudah digunakan dan sebagainya. Perhatikan sebagian ilustrasi berikut
ini:
1. Jumlah kolom yang tersedia di Excel
2007 adalah 16.384 yang dimulai dari kolom A hingga berakhir di kolom XFD,
versi sebelumnya hanya 256 kolom. Serta baris dalam Excel 2007 sebanyak
1.048.576 yang dimulai dari baris 1 dan berakhir di baris 1.048.576, versi
sebelumnya 65.536.
2. Pada Excel 2003, jumlah sel sekitar
16 juta, tapi pada Excel 2007, jumlah sel mencapai 17 miliar.
3. Memori yang digunakan di dalam
komputer, saat ini dapat sampai batas maksimal yang berlaku di Microsoft
Windows, sebelumnya hanya 1 megabyte.
4. Jumlah warna unik dalam sebuah
workbook dapat mencapai 4.3 milyar, sebelumnya hanya 56.
5. Jumlah kondisi pada fasilitas format
kondisional, Excel versi terbaru ini hanya dibatasi oleh kapasitas memori,
sebelumnya hanya ada 3 kondisi.
6. Jumlah level pada fasilitas Sort atau
pengurutan data, saat ini sampai 64 level, bandingan dengan versi sebelumnya
yang hanya 3 level.
7. Jumlah daftar pada menu drop-down
dalam fasilitas Filter bisa mencapai 10.000, sebelumnya hanya 1.000.
8. Maksimal jumlah karakter dalam sebuah
formula diperbolehkan sampai 8.000, sebelumnya hanya 1.000 karakter.
9. Jumlah maksimal argumen pada fungsi,
versi terbaru ini membolehkan sampai 255 argumen, sebelumnya hanya 30 argumen.
10. Maksimal jumlah item yang dihasilkan dari perintah Find,
kini mencapai 2 Milyar, sebelumnya hanya 64.000.
11. Jumlah baris yang diperbolehkan di dalam sebuah PivotTable,
saat ini mencapai 1 Juta baris lebih, sebelumnya hanya 64.000.
12. Jumlah kolom yang tersedia pada versi baru ini adalah 16.000
kolom, sebelumnya hanya 255 kolom.
13. Jumlah field pada PivotTable dapat mencapai 16.000,
sebelumnya 255.
14. Excel 2007 format yang paling populer dan fleksibel jadi
sebagian besar software data entry ada fasilitas konversi ke format excel atau
format lain yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi
balik dari excel ke software statistik lainnya.
15. Dengan memanfaatkan fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP, kita bisa
mengkontrol identitas responden untuk keperluan transfer informasi antar tabel,
antar sheet atau antar file excel.
16. Dengan Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena
semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data
belum masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh
sehingga tabel akan terupdate sendiri. Ini sangat berguna, kecuali kita jago
membuat syntax dan saya yakin banyak orang yang tidak hobby main syntax.
Kelemahan tentu Ada dan ini menjadi
perhatian extra untuk menjaga kualitas pengolahan data. Beberapa kelemahan
Excel 2007 adalah:
1. Pivot tabel yang menyertakan banyak
kolom/pertanyaan menghasilkan tabel berupa crosstab atau nested atau tersarang,
banyak orang belum mampu membuat tabel dalam 1 pivot yang stack atau berjajar.
Jadi mau tidak mau membuat 2 tabel pivot untuk masing-masing pertanyaan/kolom.
Kendalanya adalah kita harus memperhitungkan jumlah kategori jawaban yang akan
ditabelkan, karena pivot otomatis akan menggunakan kolom dan baris baru ke samping/kebawah
sehingga jika di samping atau dibawah ada tabel pivot lain, maka akan error.
2. Untuk tabel yang besar dengan ukuran
file lebih dari 10MB, maka setiap editing/updating data, maka secara default
excel akan melakukan proses Workbook Calculating yang kecepatannya tergantung
dari processor dan ram komputer. Ini cukup memakan waktu pengolahan data.
Tetapi kendala ini bisa dipecahkan dengan mematikan proses calculating otomatis
menjadi Calculating Manual artinya calculating akan dilakukan setiap kita akan
save file excel tersebut. Cara ini cukup efektif dilakukan dengan resiko jika
file tertutup tidak sengaja atau komputer mati tiba-tiba kita bisa kehilangan
data kita. Caranya klik tombol office > Excel Options > Formulas >
Calculation Options, pilih Manual dan Recalculate Workbook before saving
3. Untuk membuat kolom baru yang berisi
pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter
responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun
text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita
dengan mudah untuk melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru.
2.4. Istilah-Istilah
Excel 2007
Microsoft Excel merupakan perangkat
lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputiperhitungan dasar, penggunaan
fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data.Perangkat lunak ini sangat
membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling
sedernaha sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya
membuat rencana kebutuhan barang meliputi namabarang, jumlah barang dan
perkiraan harga barang. Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah
pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan,
manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan
fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. untuk lebih
jelasnya fungsi-fungsi tersebut di sampaikan pada paparan di bawah ini :
Istilah-istilah dalam Excel
a) Cell : merupakan bagian terkecil dari
worksheet yng dapat diisi dengan jumlah karakter (max. 255 karakter) isi cell
dapat berupa value, formula atau text. Contoh : cell A3, cell D5
b) Worksheet (lembar Kerja) : merupakan
kumpulan dari 256 kolom dan 65536 baris.
c) Workbook (buku kerja) : merupakan
kumpulan dari 256 worksheet (berlabel sheet1 sampai sheet 256)
d) Range : merupakan sekelompok cell yang akan
mendapataksi sama sesuai perintah yang anda jalankan. Pemberian alamat/ address
dilakukan mulai dari cell sudut kiri atas sampai cell sudut kanan bawah. Contoh
: A4:D6 → range mulai dari cell A4 sampai cell D6
e) Alamat Relatif : merupakan alamat
yang jika dituliskan kedalam bentuk rumus atau fungsi akan berubah jika dicopy
ke cell lain.
Contoh : cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi B8*6
Contoh : cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi B8*6
f) Alamat Semi Absolut : merupakan
alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris atau kolomsehingga nilai
tidak akan berubah.
Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7
Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7
g) Alamat Absolut : merupakan alamat
yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris dan kolom.tekan tombol F4 untuk
menghasilkan alamat absolut pada formula bar. Contoh : cell B1 berisi formula
$A$1&5,B1 dicopy kan ke C3 formula pada C3 menjadi $A$1*5
h) Name Box : menunjukkan pada cell/
range yang aktif saat itu. Anda dapat juga membuat nama range melalui kotak
nama disebelah kiri formula bar. Contoh : Holla nama lain range A5:G7
ü Menggerakkan Penunjuk Sel (Cell Pointer)
Cell Pointer berfungsi untuk penunjuk
sel aktif. Yang dimaksud dengan sel aktif ialah sel yang akan dilakukan suatu
operasi tertentu. Untuk menggerakan ponter dengan Mouse dapat dilakukan dengan
meng-klik sel yang diinginkan. Untuk sel yang tidak kelihatan kita dapat
menggunakan Scroll Bar untuk menggeser layar hingga sel yang dicari kelihatan
lalu klik sel tersebut. Untuk kondisi tertentu kita lebih baik menggunakan
keyboard. Berikut daftar tombol yang digunakan untuk menggerakan pointer dengan
keyboard :
Tombol Fungsi :
· ← ↑ →
↓ Pindah satu sel ke kiri, atas, kanan atau bawah
· Tab
Pindah satu sel ke kanan
· Enter
Pindah satu sel ke bawah
· Shift +
Tab Pindah satu sel ke kiri
· Shift +
Enter Pindah satu sel ke atas
· Home
Pindah ke kolom A pada baris yang sedang dipilih
· Ctrl +
Home Pindah ke sel A1 pada lembar kerja yang aktif
· Ctrl +
End Pindah ke posisi sel terakhir yang sedang digunakan
· PgUp
Pindah satu layar ke atas
· PgDn
Pindah satu layar ke bawah
· Alt +
PgUp Pindah satu layar ke kiri
· Alt +
PgDn Pindah satu layar ke kanan
· Ctrl +
PgUp Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar
berikutnya
· Ctrl +
PgDn Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar
sebelumnya
2.5. Cara
Menggunakan Microsoft Excel
A. Menu dan icon pada Microsoft Excel
1. Judul
Menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar
kerja yang aktif.
2. Office Button
Berisi barisan perintah untuk pengoperasian Program yang standar misalnya
membuat dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish
dokumen.
3. Akses Cepat Toolbar (Quick Access
Toolbar)
Merupakan sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat akses
berkomunikasi dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya.
4. Toolbar
Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan
berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.
5. Help
Bila kita ingin bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada tempat
tersebut. Ms.Excel akan memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang
dimaksud.
6. Lembar Kerja (Workbook)
Baris ini berisikan informasi halaman, section, letak insertion point dan
tombol pengendali.
7. Cell
Cell Aktif Penggulung vertikal
8. Lembar aktif
9. Nama Range
10. Fungsi
11. Penggulung
12. Nomor Baris
13. Nomor Kolom
B. Membuat dokumen pengolah angka
Dari contoh pengelolaan data
sederhana kita akan belajar tentang cara pengetikan di excel, alignment, cara
memformat huruf, cara memformat tabel dan cell. Berikut adalah contoh penerapan
Microsoft Excel dalam bidang keguruan :
C. Penerapan Microsoft Excel
Langkah-langkah membuat dokumen
daftar unit kerja seperti pada Gambar 2 adalah sebagai berikut:
1. Buat Judul dan Sub Judul Laporan
Arahkan kursor pada Cell A1 (Kolom A
dan Baris 1), kemudian ketikkan tulisan “DAFTAR NILAI SISWA” pada Cell aktif
tersebut.
Kemudian ketikkan sub judul laporan pada Cell A1, A2, A3, dan M5 seperti
pada tampilan diatas.
2. Penggunaan alignment, format font
dan format Cell
Untuk membuat Judul Laporan letaknya
di tengah-tengah tabel maka arahkan kursor ke A1 kemudian select cell mulai A1
sampai F1. Kemudian klik tombol Merge Cell agar judul laporan terletak
ditengah-tengah tabel.
Agar huruf pada judul laporan dan
tabel tebal maka arahkan kursor pada cell kemudian klik tombol Bold atau dapat
juga melakukan format font lainnya seperti underline atau italic.
Selanjutnya data dapat dilengkapi seperti Gambar 2.
3. Penggunaan format Tabel dan Cell
Microsoft Excel menyediakan fasilitas
format table dengan beberapa template seperti memberi border, warna border,
warna cell dan style font dengan kliktombol format table seperti ini , kemudia
akan muncul pilihan style formattabel seperti berikut ini.
Kita juga dapat melakukan format
tabel dan format cell sesuai selera kita atau tidak menggunakan template yang
disediakan Microsoft Excel. Seperti contohnya pada Gambar 2. menggunakan format
tabel dan cell sendiri dengan cara :
Untuk membuat border pada tabel, blok tabel yang akan di beri border dalam
hal ini mulai cell A7 sampai M21, kemudian klik panah pada tombol dan pilih All
Border seperti pada tampilan dibawah ini.
Untuk memberi warna pada judul tabel bisa menggunakan fasilitas format cell
dengan cara blok cell A7 sampai M8 kemudian klik tombol kemudian akan muncul
pilihan style cell yang akan kita pilih seperti pada tampilan dibawah ini.
4. Penggunaan
Rumus dan Fungsi
Rumus dan fungsi
dalam Excel mempunyai pengertian yang
berbeda, rumus berupa instruksi matematika dalam suatu sel/range
dalam lembar kerja dengan operator aritmatik seperti : +,-, ,/,* dan ^. Sedangkan
Fungsi merupakan rumus siap pakai yang digunakan sebagai alat bantu dalam
proses perhitungan. Excel menyediakan ratusan fungsi siap pakai diantaranya
fungsi tanggal dan waktu, matematika dan trigonometri, finansial, statistik,
lookup dan referensi, database, teks, dan lain-lain.
1. Menggunakan Rumus (Formula)
Rumus merupakan bagian terpenting
dari Program Microsoft Excel , karena setiap tabel dan dokumen yang kita ketik
akan selalu berhubungan dengan rumus dan fungsi. Operator matematika yang akan
sering digunakan dalam rumus adalah ;
LambangFungsi:
+ Penjumlahan
- Pengurangan
* Perkalian
/ Pembagian
^ Perpangkatan
% Persentase
+ Penjumlahan
- Pengurangan
* Perkalian
/ Pembagian
^ Perpangkatan
% Persentase
Proses perhitungan akan dilakukan
sesuai dengan derajat urutan dari operator ini, dimulai dari pangkat (^), kali
(*), atau bagi (/), tambah (+) atau kurang
(-).
(-).
2. Macam-macam
formula
1. =SUM(…)
Fungsinya : Untuk melakukan
penjumlahan
Bentuk umum : =SUM(range sel)
Contoh : Misalkan kita akan menjumlahkan dari sel H5
sampai sel H15
PenulisaN : =SUM(H5:H15)
2. =COUNT(…)
Fungsinya : Untuk melakukan
counter
Bentuk umum : =COUNT(range sel)
Contoh :
Misalkan kita akan menghitung jumlah pegawai
yang berada di sel B5
sampai sel B15
Penulisan :
=COUNT(B5:B15)
3. =MAX(…)
Fungsinya :
Untuk mencari nilai maksimum (terbesar)
Bentuk umum : =MAX(range sel)
Contoh :
Misalkan kita ingin menetukan nilai terbesar dari
sederetan sel yang berada
di sel F1 sampai sel
F17
Penulisan :
=MAX(F1:F17)
4. =MIN(…)
Fungsinya :
Untuk mencari nilai minimum (terkecil)
Bentuk umum : =MIN(range sel)
Contoh :
Misalkan kita ingin menentukan nilai terkecil dari
sederetan sel yang berada di sel F1 sampai sel F17
Penulisan :
=MIN(F1:F17)
5. =AVERAGE(…)
Fungsinya : Untuk mencari
nilai rata-rata
Bentuk umum : =AVERAGE (range sel)
Contoh :
Misalkan kita ingin mengetahui nilai rata-rata dari
sel A11 sampai A17
Penulisan :
=AVERAGE(A11:A17)
6. =ABS(…)
Fungsinya : Untuk mengubah
angka-angka yang ada dalam
daftar argumennya menjadi
bilangan mutlak
(absolut)
Bentuk umum : =ABS(range sel)
Contoh :
Misalkan kita bermaksud mengetahui secara
mutlak dari sel yang kita
aktifkan, misal di sel
F17
Penulisan : =ABS(F17)
7. =SQRT(…)
Fungsinya : Untuk menghitung
akar dari bilangan X. Bilangan
X tidak boleh negatif
Bentuk umum : =SQRT(range sel)
Penulisan : = SQRT(25)
8. =IF(…;…;…)
Fungsinya : Untuk mengecek apakah
nilai yang kita gunakan
sebagai kunci benar atau
salah (memenuhi syarat
atau tidak)
Bentuk umum: =IF(logical_test ; Value_if_true ;
Value_if_false)
Contoh :
Misalkan kita akan membandingkan nilai di suatu
sel yang berada di sel
F17, tentang kriteria siswa
dinyatakan lulus atau
gagal dengan ketentuan
sbb.Jika nilai
rata-rata siswa lebih besar sama
dengan 60, maka siswa
dinyatakan LULUS, dan
sebaliknya.
Penulisan :
=IF(F17>=60:”LULUS”;”GAGAL”)
(artinya jika kolom F17
lebih besar sama dengan
60, maka LULUS, jika
kurang dari 60, maka
GAGAL)
Keterangan :
Jika kondisi di sel F17 terpenuhi, maak kerjakanValue_if_true, jika
kondisi di sel F17 tidak terpenuhi, maka kerjakan Value_if_false
9. =DATE(Year,Month,Date)
Fungsinya : Untuk menghitung
jumlah hari
Contoh :
=DATE(73,8,11) à 26887 hari
10. =VLOOKUP
Fungsinya :
Untuk pembacaan suatu tabel secara vertikal
Bentuk umum: =VLOOKUP(lookup_value; table_array;
Col_index_num;
Range_lookup)
11. =HLOOKUP
Fungsinya :
Untuk pembacaan suatu tabel secara horizontal
Bentuk umum: =HLOOKUP(lookup_value; table_array;
Col_index_num;
Range_lookup)
12. =LEFT(…;…)
Fungsinya :
Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu
dari sebuah kiri
Bentuk umum: =LEFT(teks;jumlah karakter yang
diambil)
Contoh :
Misal kita akan mengambil karakter yang ada di
sel F17 (Februari)
sebanyak 3 huruf
Penulisan :
=LEFT(F17;3) à hasilnya Feb
13. =RIGHT(…;…)
Fungsinya : Untuk mengambil
teks sejumlah karakter tertentu
dari sebuah kanan
Bentuk umum: =RIGHT(teks;jumlah karakter yang
diambil)
Contoh :
Misal kita akan mengambil karakter yang ada di
sel F17 (Februari)
sebanyak 3 huruf
Penulisan :
=RIGHT(F17;3) à hasilnya ari
14. =MID(…;…;…)
Fungsinya : Untuk mengambil
teks dari kedudukan tertentu
dengan sejumlah karakter
tertentu
Bentuk umum: =MID(teks;start_number; number_char)
Contoh :
Misal kita akan mengambil karakter baru yang
ada di sel F17 (Februari)
Penulisan :
=MID(F17:3:3)
5. Menyimpan Dokumen
Untuk menyimpan dokumen klik
Save . Maka akan terjadi salah satu dari 2 hal berikut :
· Apabila file belum
pernah disimpan, Word akan menampilkan kotak dialog Save As seperti dibawah.
Dan apabila sebelumnya file pernah disimpan dengan nama yang sama, maka Word
akan menyimpan file dan mengembalikan tampilan ke layar dokumen.
Untuk memberi nama pada file ketikkan nama yang diinginkan dalam kotak File name, lalu tekan tombol Save.
Untuk memberi nama pada file ketikkan nama yang diinginkan dalam kotak File name, lalu tekan tombol Save.
· Apabila kita ingin
menyimpan file yang pernah disimpan dengan nama dan format penyimpanan lain
maka pilih Office Button kemudian klik tanda panah pada Save as dan pilih
format penyimpanan lain misalnya disimpan dengan format Microsoft Excel
97-2003.
Kesimpulan :
Microsoft
Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja
spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk
sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur
kalkulasi dan pembuatan grafik yang baik, dengan menggunakan strategi marketing
Microsoft yang agresif. Selain meng-calculation dengan menggunakan penggunaan
Rumus dan Fungsi, Microsoft Excel 2007 juga dapat membuat data tabel yang bila di-print
akan menghasilkan hasil yang sama seperti pada Microsoft Word 2007. Kita juga
bisa membuat Header dan Footer pada lembaran kita, dan juga kita bisa membuat
sebuah grafik data otomatis.
DAFTAR PUSTAKA :
· Diknas.Kurikulum 2004 Teknologi Informasi dan
Komunikasi.
· Budi Permana.2000.Microsoft
Excel 2000.Jakarta : Exel Media Komputindo.
· Puji Nugroho.1995.Kumpulan
Soal – soal Ujian Negara Lotus.Jakarta : Elex Media Komputindo.
· http://andi.stk31.com/kelebihan-dan-kekurangan-excel-2007-untuk-mengolah-data.html
· http://rudi.blog.uns.ac.id/2010/02/18/istilah-istilah-dan-fungsi-formula-excel-2007/
· http://mugi.or.id/blogs/fauzi/archive/2008/09/21/sebagian-kecil-kelebihan-excel-2007.aspx
· Tim Asisten.2008.Microsoft
Excel 2007 Modul Praktikum Pengantar Komputer dan Internet
2008.Jakarta:Universitas Kristen Duta Wacana.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar